Monday, August 22, 2011

Perjalanan Ramadan #13

There’s no God but Allah, Muhammad is His Messenger
Rasanya lama banget ga mosting cos beberapa hari terakhir diajak going to the Mars not to the Moon alias dapet dispensasi dari langit hehe... jadi ya ga dapet ilmu yang bisa di share ma sobat blogger selain juga agak sibuk ngurusin private mudik... banyak titipan yang harus diselesein semuanya.., tapi ga papa kok guys, kan bisa cari ilmu di mana-mana, di internet banyak.., bahkan di rumah, di lingkungan sekitar kalo kita mau berfikir tentang apa-apa yang diciptakan Allah, itu akan jadi pelajaran yang sangat bernilai n dapet pahala pula, seperti dalam QS. Al-Baqarah ayat...
“Sesungguhnya di dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian siang dan malam terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir”
“Yaitu orang-orang yang selalu mengingat Allah dalam keadaan berdiri, duduk, dan berbaring dan teboaselalu memikirkan penciptaan langit dan bumi seraya mendoa ‘Ya Tuhan kami tidaklah Engkau ciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau jauhkanlah kami dari siksa neraka”.
 Kalo baca ato denger ayat di atas jadi inget waktu kuliah Studi Islam IV yang diampu oleh pak Martomo Setyawan, Kaprodi Teknik Kimia, beliau menuliskan ayat tersebut di whiteboard dan melemparkan pertanyaan kepada audience (waktu itu kuliah bareng anak Elektro + Kimia jadi satu). “Apakah Albert Einstein termasuk ulil albab? Apakah Thomas Alfa Edison termasuk ulil albab?” Ada salah satu anak elektro yang menjawab “Ya” dan ada juga yang “Tidak”, aku juga sempat bingung karena ulil albab kan artinya kaum yang berfikir, dan Einstein + Alfa Edison kan termasuk kaum yang berfikir....
 Tapi kemudian Pak Martomo menjelaskan bahwa yang disebut ulil albab adalah orang yang berfikir dan selalu mengingat Allah dalam keadaan berdiri, duduk dan berbaring, dan tentu saja Einstein dan Edison yang notabene bukan muslim (Allahu a’lam) tentu ga mengingat Allah meskipun mereka selalu berfikir tentang ciptaan Allah, lalu beliau juga mencontohkan seorang ulil albab adalah seperti Ibnu Sina, Imam Al-Ghazali, Imam Malik, dan pemikir-pemikir Islam yang lain.

No comments:

Post a Comment