Thursday, August 18, 2011

Perjalanan Ramadan #12

There’s no God but Allah, Muhammad is His Messenger
Melangkahkan kaki di Jl. Maghfirah malam ke 19 bulan suci, ga terasa hampir 2/3 kita menjalaninya. Syukur Alhamdulillah sampai saat ini kita masih diberi kesempatan dan kenikmatan ber-Islam dan beriman kepada-Nya, kalo bukan karena petunjuk-Nya, mungkin kita udah tergelincir ke jalan yang sesat, naudzubillah min dzalik..
Penceramah pada kesempatan tarawih kali ini adalah bapak Drs. Ali Mansyur, beliau menyampaikan bahwa bulan Ramadan adalah bulan yang suci, bulan yang mulia dibanding bulan-bulan yang lain dalam tahun Hijriyah. Suatu bulan yang memuliakan manusia, indikasi memuliakan manusia ini adalah bulan di mana Allah memuliakan orang-orang kaya, orang-orang mampu dan berada dengan memberi kesempatan kepada mereka untuk shodaqah, berinfaq dan zakat untuk membersihkan harta benda mereka dari yang haram atau yang bukan menjadi haknya, memberi kesempatan untuk beramal sebanyak-banyaknya. Lalu bulan di mana Allah memuliakan orang-orang yang tak berada, kaum dhuafa, mustahiq zakat yaitu memberi kesempatan kepada mereka mengambil haknya atas zakat dan shodaqah orang-orang kaya agar sedikit meringankan beban dan turut bergembira di bulan Ramadan dan Idul Fitri nanti.
Bulan Ramadan juga memuliakan orang-orang yang pintar, berilmu dengan memberi kesempatan kepada mereka uantuk mengajarkan baik ilmu agama yang utama maupun ilmu umum, mengajarkan ilmu agama seperti mengajar iqro’ dan ilmu tajwid ataupun memberi ceramah/kultum, dsb.
Di sini bulan Ramadan juga memuliakan orang-orang yang tak pintar atau tak punya banyak ilmu, pada kesempatan Ramadan ini mereka bisa berlomba-lomba untuk menimba dan menambah ilmu agama maupun ilmu umum, bulan Ramadan adalah bulan yang melipatgandakan setiap amal kebaikan akan dibalasi Allah dengan pahala yang berlipatganda, insyaAllah...
Demikian guys, yang ku dapetin malem ini, ga ada tendensi apapun kecuali ingin berbagi sedikit ilmu yang diberikan Allah kepadaku melalui orang-orang yang kompeten dibidangnya, moga dapat bermanfaat terutama untuk diri sendiri, Amiin...

No comments:

Post a Comment